Aplikasi PDF Terbaik dan Cara Membuatnya di PC dan HP

TahooTech – Tak harus menggunakan aplikasi PDF saja, sobat pun tetap bisa mengubah dokumen dengan format tersebut hanya melalui fitur Save as PDF di Microsoft Word.

Namun, perlu sobat ketahui cara ini tentu tak bisa mengubahnya kembali menjadi PDF, karena mengharuskan sobat memulainya dari awal.

Hal ini pun berlaku untuk jenis format lainnya, sehingga menggunakan aplikasi PDF merupakan hal yang bisa dijadikan alternatif penyelesaian.

Untuk itu, silakan sobat TahooTech pahami penjelasan rincinya pada artikel berikut ini.

Aplikasi PDF Terbaik yang Wajib Dicoba

Aplikasi PDF Terbaik

Bagi sobat yang sudah terbiasa dengan urusan administratif baik di lingkup perkantoran maupun sejenisnya, tentu sudah sering menemui dokumen dengan format pdf.

Meski sudah terbiasa, terkadang ada beberapa pihak yang kurang mengerti jenis aplikasi pdf terbaik yang dapat digunakan untuk perangkat hp maupun pc.

Untuk mempermudah sobat TahooTech semua, ada baiknya simak penjelasan rinci berikut ini.

Jenis Aplikasi PDF untuk HP

Aplikasi PDF Terbaik

Membaca sebuah dokumen kini bisa dilakukan dimana saja dan kapan pun kita inginkan. Tak harus bersusah payah membawa perangkat komputer atau laptop, sobat pun bisa mengoptimalkan android yang dimiliki.

Sebagai suatu perangkat mobile, terdapat beragam jenis aplikasi yang bisa digunakan pada perangkat tersebut, salah satunya adalah aplikasi pdf.

Memiliki banyak ragam jenisnya, sobat bisa memilihnya sendiri di aplikasi google play store. Lazimnya terdapat pilihan bawaan dari google untuk jenis pdf tersebut, yakni Google PDF Viewer.

Namun, tak menutup kemungkinan pula jika sobat TahooTech juga menginginkan aplikasi jenis lain seperti

Meski banyak ragam jenisnya, besar kemungkinan pilihan menu yang disediakan hampir sama, yakni membaca dokumen dalam format pdf, menyalin text, mencetak, dan membagikannya. Itu semua adalah fitur standar yang pastinya ada di setiap aplikasi tersebut.

Jenis Aplikasi PDF untuk PC

Aplikasi PDF Terbaik

Bagi sebagian besar orang, menggunakan android adalah pilihan yang tepat ketika membaca sebuah dokumen khususnya untuk format pdf.

Tak lain tentu disebabkan atas dasar fleksibilitas dan kepraktisan. Namun, untuk beberapa kondisi maupun situasi memilih untuk menggunakan laptop adalah pilihan yang bijak, misalnya ketika berada di kantor, dihadapkan pada situasi rapat/ formal, dan sejenisnya.

Untuk jenis aplikasi pdf terbaik via laptop ada beberapa yang bisa dicoba, seperti

Masing-masing tentu memiliki kriteria tersendiri, namun secara teknis menu dasar yang disajikan tetap sama.

Dari beberapa penjelasan di atas, semuanya tentu membutuhkan proses installasi terlebih dahulu di perangkat sobat.

Namun, tahukah sobat TahooTech semua bahwa ternyata ada juga jenis lain yang tak mengharuskan sobat untuk memasang aplikasi tersebut.

Cukup masuk saja ke website yang dituju pada browser, sobat bisa menggunakan fitur layaknya pada aplikasi.

Tentu saja hal ini memerlukan adanya jaringan internet, sehingga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Artikel terkait:

3 Cara Membuat File PDF

Aplikasi PDF Terbaik

Pembahasan ini sangat cocok untuk sobat TahooTech semua. Pasalnya akan dibahas secara mendalam mengenai bagaimana membuat sebuah file pdf yang tak biasanya.

Jika lazimnya sobat hanya mengubahnya menjadi pdf dari file word. Kini sobat akan diajak untuk melihat bagaimana cara mengubah file format pdf menjadi format-format lainnya.

Menarik untuk disimak bukan? Langsung saja, simak penjelasannya berikut ini.

1. Aplikasi PDF ke Word/ JPG Via Online

Tak banyak yang mengetahui bahwa ternyata ada aplikasi pdf yang bisa mengubah file dengan format tersebut menjadi word.

Mengharuskan sobat untuk terkoneksi dengan jaringan internet, aplikasi ini bisa sobat TahooTech temui dengan mudahnya.

Salah satu diantaranya adalah online converter yang dapat mengubah file dengan format pdf menjadi word atau sebaliknya, seperti berikut ini:

Tak hanya itu saja, nyatanya software tersebut pun bisa menjadikan file format pdf menjadi jpg juga.

Tentu sangat membantu sobat semua ya, terutama ketika dihadapkan pada situasi darurat. Patut dicoba, nih!.

2. Buat PDF Mudah, Tanpa Aplikasi PDF Khusus

Selain cara di atas, sobat pun tetap bisa menyimpan file dan mengubahnya menjadi pdf. Cukup mudah, sobat hanya perlu melakukan save as file.

Selanjutnya pada bagian tipe format silakan pilih save as pdf. Sudah tentu hasil akhirnya sobat bisa membacanya dalam bentuk pdf. Bagaimana, mudah bukan?

3. Memakai Software Khusus

Cara membuat file pdf yang terakhir sedikit lebih rumit dibandingkan dengan sebelumnya.

Sobat semua membutuhkan pemasangan software khusus sebagai salah satu aplikasi pdf terbaik.

Meski sedikit rumit, namun percayalah bahwa banyak manfaat yang bisa sobat peroleh. Tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, sehingga penting bagi sobat TahooTech semua agar bisa lebih bijak dalam menentukan pilihan.

Hal yang Harus Diketahui Terkait Aplikasi PDF

Aplikasi PDF Terbaik

Meski sudah sangat familiar, ada beberapa hal yang masih sering dipertanyakan terkait aplikasi pdf. Berikut adalah beberapa hal yang harus sobat pahami bersama.

  • Seperti penjelasan sebelumnya, ada beberapa jenis aplikasi pdf baik online maupun offline. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan pastikan ketika memilih online kondisi jaringan internet lancar.
  • Penggunaan save as pdf dari file word secara langsung tidak mengharuskan sobat untuk mengubah format nama. Jika layaknya file yang disimpan dengan nama sama harus diuabh terlebih dahulu, hal ini tidak berlaku untuk penyimpanan file pdf.
  • Untuk beberapa aplikasi pdf yang mengharuskan pemasangan pada perangkat tentu memiliki kapasitas tertentu. Untuk itu, silakan sediakan terlebih dahulu ruang kosong untuk menyimpan dan mengelola aplikasi.
  • Lakukan update versi terbaru untuk menikmati setiap fitur canggihnya. Hal ini berlaku untuk sobat semua yang memakai aplikasi pdf di perangkat baik pc maupun HP.

Aneka file yang disimpan dalam bentuk format pdf memang lebih memudahkan, baik ketika dibaca maupun dalam proses pencetakan.

Tak lain tentu didasarkan pada format yang tetap, dimana ukuran, jenis font, posisi format penulisan semuanya akan tetap dan tidak berubah meski file tersebut dibuka di perangkat yang berbeda.

Sobat tentu sudah sering menggunakan salah satu diantara cara tersebut di atas bukan? Ada baiknya memilih jenis yang sesuai dan cocok dengan perangkat sobat semua.

Selain berpengaruh pada kemudahan proses, tentu berpengaruh pula pada ruang memori kosong yang tersedia di perangkat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like