19 Aplikasi Kompres Video Terbaik Untuk PC/Laptop, Android, dan iPhone

TahooTech – Aplikasi kompres video mungkin menjadi salah satu aplikasi yang banyak dicari. Hal ini dikarenakan ukuran suatu video pastinya berbeda dengan foto karena menampilkan gambar yang bergerak.

Hal inilah yang membuat ukuran file dari sebuah video lebih besar dibandingkan dengan ukuran file foto. Semakin baik kualitas suatu video, pastinya akan membuat ukuran file juga semakin besar.

Saat ini, hampir semua HP setidaknya sudah menyediakan perekaman dengan rata-rata kualitas Full HD keatas yang ukurannya bisa mencapai 1GB untuk beberapa menit video.

Jika menyimpan video dengan ukuran file sebesar ini pastinya akan cepat menghabiskan memori penyimpanan di HP. Selain itu, saat ingin upload video tersebut ke sosial media akan memakan kuota internet yang sangat besar.

Untuk mengatasi hal tersebut, langkah yang harus dilakukan adalah dengan memperkecil atau mengkompres ukuran video agar lebih hemat penyimpanan tanpa harus mengurangi kualitas dari video.

Nah, bagi sobat TahooTech yang sedang mencari aplikasi kompres video HP terbaik saat ini bisa menyimak beberapa rekomendasi yang akan kami ulas berikut ini.

Aplikasi Kompres Video HP Terbaik

Untuk menghemat penyimpanan dan kuota maka kegiatan kompres video memang salah satu hal yang cukup penting. Silahkan sobat menggunakan beberapa aplikasi dibawah ini.

1. VidCompact

Aplikasi yang pertama adalah VidCompact yang memiliki kegunaan untuk memotong, mengompres, atau mengkonversi video dengan format apapun yang ada pada HP sobat untuk dijadikan format MP4.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagai macam format video yang umum seperti AVI, MKV, FLV, RMVB, 3GP, MPEG, WMV, dan MOV.

VidCompact juga cukup mudah digunakan dengan beberapa opsi menu yakni Trim and Compress, Batch Compression, dan Convert to MP4.

Opsi yang pertama bisa digunakan untuk memotong video dan mengurangi ukurannya secara signifikan.

Opsi yang kedua hampir sama dengan opsi yang pertama namun khusus untuk dengan dua video atau lebih.

Sedangkan untuk opsi yang terakhir digunakan untuk mengubah format video apapun ke format MP4.

Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini membuat setiap proses kompres video akan mudah dikerjakan.

Download VidCompact

Baca juga: 5 Cara Download Video di Facebook dengan Mudah dan Simpel

2. Video Dieter 2

Aplikasi Kompres Video

Berikutnya ada Video Dieter 2 yang juga layak untuk sobat coba. Aplikasi ini bisa sobat gunakan untuk mengecilkan ukuran file video dengan cepat.

Video Dieter 2 memudahkan penggunanya untuk memotong bagian video yang tidak disukai. Selain itu, kelebihan lain yang dimilikinya adalah mampu untuk transcode file dengan sangat cepat.

Sebelum memulai proses kompres, sobat bisa menentukan terlebih dahulu resolusi dan kualitas yang sobat inginkan. Tampilan antarmuka yang digunakannya cukup interaktif dan mudah digunakan.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Outplay Lab, Inc.dengan jumlah unduhan lebih dari 1 juta kali dengan ukuran filenya hanya 2,4 MB saja.

Rating yang diperoleh aplikasi ini juga cukup baik yakni 4.5. Untuk mencoba aplikasi ini, silahkan download melalui tautan berikut:

Download Video Dieter 2

Baca juga: 5 Cara Download Video YouTube Di Android yang Simpel

3. Smart Video Compressor and Resizer

Aplikasi Kompres Video

Aplikasi kompress video berikutnya adalah Smart Video Compressor and Resizer yang dikembangkan oleh Clogica. Ukuran file aplikasi ini 17 MB dengan jumlah unduhan lebih dari 500 ribu kali.

Aplikasi ini memberikan kemungkinan bagi sobat untuk mengubah dimensi video, mengatur kualitas video, dan memilih kecepatan proses kompresi.

Dengan aplikasi ini, sobat juga bisa memotong bagian video yang sobat suka untuk dikompres menggunakan fitur canggih yang dimilikinya, dengan menekan ikon gunting.

Jika ingin mencoba menggunakan aplikasi ini, sobat bisa menginstalnya melalui Play Store dengan gratis melalui tautan berikut:

Download Smart Video Compressor and Resizer

4. Video Compressor by Sunshine

Aplikasi Kompres Video

Selanjutnya sobat bisa menggunakan Video Compressor by Sunshine untuk bisa melakukan kompres video sehingga menjadikan HP yang sobat gunakan lebih hemat 90%.

Dengan aplikasi ini sobat bisa kompres video yang ukurannya besar menggunakan fitur “The Patty Squeeze” tanpa harus khawatir dengan kualitas video yang menjadi jelek atau rusak. Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh perusahaan Sunshine App, Inc.,

Aplikasi ini juga mendukung kompres video berbagai format. Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini juga sangat simpel dan terlihat lucu sehingga mudah untuk dioperasikan.

Sobat bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi ini dengan download melalui tautan di bawah:

Download Video Compressor by Sunshine

5. Panda Video Compressor

Aplikasi Kompres Video

Aplikasi yang satu ini memiliki ukuran file 30MB dengan jumlah unduhan lebih dari 1 juta kali. Selain itu, pengemban dari aplikasi ini adalah farluner apps & games. Aplikasi ini terbilang sangat baik karena mendapatkan rating 4.7.

Dengan aplikasi ini, sobat bisa melakukan proses kompres video dengan mudah dan cepat. Proses kompres yang dilakukannya tidak mengurangi kualitas dari video yang dikompres.

Dengan mengurangi ukuran file maka sobat bisa menyimpan berbagai macam video tanpa harus takut kehabisan penyimpanan.

Selain itu, ketika mengupload video ke media sosial kuota internet yang digunakan akan lebih hemat. Silahkan download aplikasi ini melalui tautan berikut ini:

Download Panda Video Compressor

6. YouCut

Aplikasi Kompres Video

Berikut ada YouCut yang banyak dikenal sebagai salah satu aplikasi untuk mengedit video, namun bisa sobat gunakan untuk kompres video dengan ukuran besar. Aplikasi ini diklaim mampu mengurangi ukuran video hingga 80%.

Selain itu, YouCut juga disertai dengan beberapa fitur yang bisa sobat gunakan seperti Video Speed Control, Cutter & Trimmer, Slideshow Maker dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini ditawarkan oleh InShot Inc. sebagai pengembangnya. Rating yang diperoleh aplikasi ini sangat baik yakni 4.8 dengan jumlah unduhan lebih dari 50 juta kali.

Ukuran file dari aplikasi YouCut adalah 24 MB yang masih terasa ringan untuk diinstal di HP.Untuk bisa menggunakan aplikasi YouCut, sobat bisa mengunduh aplikasinya melalui tautan di bawah:

Download YouCut

7. Video Compress

Aplikasi Kompres Video

Aplikasi yang terakhir adalah Video Compress yang cukup populer untuk melakukan kompres video. Aplikasi ini bisa melakukan kompres untuk video dengan ukuran file tinggi dengan tampilan antarmuka yang sangat bersahabat sehingga mudah digunakan.

Kelebihan lain yang dimiliki aplikasi ini adalah kemampuan untuk konversi video ke format MP3 atau format audio.

Setelah proses kompres selesai menggunakan aplikasi ini, maka secara otomatis hasil kompres tersebut akan tersimpan pada galeri perangkat HP. Silahkan download melalui link:

Download Video Compress

Silahkan pilih mana aplikasi yang menurut sobat mudah digunakan dan hemat penyimpanan agar tidak menambah sesak aplikasi yang terinstal di HP.

Semua aplikasi kompres video di ponsel yang kami bagikan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Aplikasi-aplikasi tersebut memang ampuh untuk mengurangi ukuran file suatu video tanpa harus mengurangi kualitas video yang di kompres.

Aplikasi Kompres Video untuk Laptop/PC

Sobat suka merekam video? Kalau begitu kamu perlu tahu aplikasi kompres video yang paling sering dipakai. Baik di komputer atau juga di telepon selular.

Seringkali saat kita merekam video, kita cenderung merekamnya dalam mode terbaik yang ada pada perangkat kita. Namun, persuasi kualitas terbaik ini menyebabkan ukuran video menjadi besar.

File yang lebih besar secara otomatis membutuhkan koneksi internet yang lebih banyak untuk diunggah dan juga menggunakan sejumlah besar data untuk melakukannya.

Beberapa Aplikasi Kompres Video yang Paling Sering Dipakai untuk Mac dan Windows

Berikut aplikasi kompresi video untuk Mac dan Windows yang akan membantumu mengurangi ukuran file tanpa kehilangan kualitas dan kamu dapat membagikannya dengan mudah di platform apa pun yang kamu inginkan.

1. Wondershare UniConverter

Aplikasi Kompres Video PC/Laptop

Wondershare UniConverter adalah perangkat lunak kompresi video terbaik yang tersedia untuk Mac dan Windows. Hal terbaik tentang Wondershare UniConverter adalah kesederhanaannya yang memungkinkanmu untuk mengkompres dan mengedit video tanpa kehilangan kualitas.

Aplikasi ini juga menawarkan konversi super cepat dan pada saat yang sama juga dapat memberikan kesempatan padamu untuk langsung mengkompres video dari YouTube.

Kamu juga dapat mengedit video dari sejumlah format yang tersedia. Kamu akan diizinkan untuk memasukkan sejumlah efek yang tersedia secara gratis. Program ini juga memungkinkanmu untuk menambahkan trek audio dan file musik ke video yang sedang kamu kerjakan untuk memberikan hasil video yang lebih baik.

Meskipun versi gratis lebih dari cukup untuk mengompresi video dan pengeditan video dasar, tetapi kelemahan utama dari versi gratis hanya dapat mengkonversi 1/3 dari panjang video asli.

Misalnya, jika panjang video aslimu adalah 30 detik, dengan versi gratis UniConverter, kamu hanya mendapatkan 10 detik pertama dari video asli.

Download for Windows | Download for Mac

2. VideoProc

Aplikasi Kompres Video PC/Laptop

Jika kamu mencari alat pemrosesan dan pengompres video yang cepat dan mudah digunakan, maka kamu dapat mencoba VideoProc. Aplikasi ini menggunakan akselerasi perangkat keras GPU-mu yang ditenagai oleh Intel, AMD, dan NVIDIA, untuk mempercepat proses pengeditan dan transcoding video. Serta menangani video berukuran besar dengan cepat dan lancar tanpa kehilangan kualitas.

VideoProc berfungsi untuk pengguna Windows dan Mac. Program ini dibangun dengan algoritma kompresi video canggih, jadi kamu tidak perlu mengubah pengaturan parameter apa pun. Seperti, kamu dapat langsung mengkompres 4K H.264 ke MP4 HEVC / H.265, yang akan mengurangi ukuran hingga 50% dan menjaga kualitas aslinya.

VideoProc mendukung lebih dari 420 format output. Kompatibel dengan hampir semua perangkat seluler yang beredar di pasaran. Selain itu, pengeditan video ini akan membantumu dengan mudah mengedit video sebelum kompresi. Seperti menstabilkan video yang goyah, menggabungkan klip video bersama, memotong bagian yang tidak diinginkan, menambahkan subtitle, dan lain-lain.

Download for Windows/Mac

3. Freemake Video Converter

Aplikasi Kompres Video PC/Laptop

Jika kamu adalah pengguna Windows dan mencari aplikasi yang tepercaya untuk mengkompres videomu, maka Freemake Video Converter adalah opsi pertama yang harus kamu pertimbangkan. Alat ini telah digunakan oleh lebih dari 93 juta pengguna dalam 8 tahun terakhir dan diakui sebagai salah satu konverter video terbaik di pasar.

Program ini dapat mengkonversi video menjadi lebih dari 500 format dan kompatibel dengan semua gadget terbaru. Bagian terbaik dari alat ini adalah harganya. Kamu dapat menggunakan Freemake Video Converter tanpa biaya, tetapi dengan batasan seperti tkamu air pada output video akhir dan kecepatan kompresi yang lebih lambat.

Sepertinya pengembang alat ini sengaja memperlambat kecepatan kompresi dan menawarkan langganan berbayar untuk kecepatan yang jauh lebih baik. Saat ini, ini hanya tersedia untuk PC Windows dan laptop.

Download for Windows

4. Handbrake

Aplikasi Kompres Video PC/Laptop

Jika kamu mencari sesuatu yang canggih dalam fitur-fiturnya dan dapat digunakan oleh para profesional, maka kamu pasti harus mencoba Handbrake.

Ini adalah salah satu perangkat lunak kompresi video terbaik yang tersedia secara gratis untuk konsumen dan merupakan alternatif yang mengagumkan untuk berbagai aplikasi kompresi video.

Handbrake tersedia untuk Mac dan Windows OS. Sebagian besar optimasi yang memungkinkan Handbrake mengubah kualitas video yang keluar dalam arti bahwa kamu dapat mengubah codec, kualitas video dan juga video FPS.

Download for Windows | Download for Mac

5. Avidemux

Aplikasi Kompres Video PC/Laptop

Jika kamu mencari yang terbaik dari yang terbaik maka kamu harus mencoba Avidemux. Kamu akan mendapatkannya secara online sebagai kompresor video gratis yang bekerja dengan baik pada Mac dan Windows.

Aplikasi ini bukan hanya sebagai perangkat lunak pengeditan video, tetapi juga memungkinkanmu untuk melakukan banyak hal lain yang mencakup pengeditan dengan pemotongan dan penyandian.

Avidemux juga membantumu untuk memfilter video yang sedang kamu kerjakan secara efektif. Avidemux mendukung berbagai format video yang membuat seluruh proses pengeditan video lebih mudah. Program ini memodifikasi bit rate, codec dan juga frame rate.

Download for Windows | Download for Mac

6. Miro Video Converter

Aplikasi Kompres Video PC/Laptop

Jika kamu ingin perangkat lunak kompresi video sederhana, maka kamu harus menggunakan Miro Video Converter. Aplikasi ini bekerja dengan prinsip drag and drop sederhana yang dapat dilakukan saat meluncurkan kompresor video. Kamu dapat melakukan kompresi berdasarkan penyesuaian atau kamu juga dapat memilih dari berbagai jumlah format atau opsi yang sudah ada pada aplikasi.

Jika kamu ingin melakukan semua pekerjaan sekaligus, Miro Video Converter memungkinkanmu untuk mengompres berbagai video secara massal sehingga kamu dapat menetapkan perintah stkamur dan prosesnya akan dilakukan dengan otomatisasi.

Download for Windows | Download for Mac

7. Any Video Converter

Aplikasi Kompres Video PC/Laptop

Any Video Converter menawarkan versi gratis dan berbayar kepada Kamu. Versi berbayar memiliki beberapa fitur tambahan, sedangkan versi gratisnya melakukan pekerjaan dengan cukup baik. Kamu cukup meluncurkan jendela video dan seret kemudian letakkan file yang ingin kamu kerjakan.

Yang perlu kamu lakukan adalah memilih video dari CD atau DVD atau bahkan kamu dapat menambahkan URL. Pilih parameter kompresi dan pilih perangkat tertentu atau format dari mana video diambil.

Di bagian bawah antarmuka pengguna, kamu akan mendapatkan opsi Pengaturan di mana kamu dapat mengubahnya dengan menggunakan berbagai parameter. Langkah ini memungkinkanmu untuk mengkonversi sejumlah besar format video dan juga sekaligus memutarnya dengan audio.

Download for Windows | Download for Mac

Aplikasi Kompres Video untuk iPhone

Aplikasi Kompres Video untuk iPhone

Untuk iPhone, ada sejumlah aplikasi kompresor iOS yang telah tersedia dengan serangkaian fitur dan fungsi yang berbeda. Di bawah ini adalah 5 aplikasi teratas dalam kategori ini.

1.Kompresor Video

2.Smart Video Compressor

3.Video Compress – Shrink Vids

4.Video & Foto Kompresor Pro

5.Kompresor & Penggabungan Video


Itulah beberapa aplikasi kompres video yang paling sering digunakan untuk Mac, Windows, ponsel Android atau juga iPhone. Jadi, pilihlah yang paling cocok untuk sobat.

Apakah sobat Tahootech sudah menggunakan software atau aplikasi kompresi video terbaik di perangkat sobat selain ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like