14 Aplikasi Kompres Foto Terbaik Tanpa Mengurangi Kualitas

Kompres foto sendiri eh malah blur, gak jadi eksis dong…

TahooTech – Aplikasi kompres foto biasanya digunakan untuk memperkecil ukuran foto ketika akan diupload. Biasanya beberapa form yang disediakan secara online mencantumkan ukuran maksimal foto yang bisa diupload.

Lalu, bagaimana ketika sobat gagal upload foto karena ukuran terlalu besar? Tentunya sobat harus melakukan kompres untuk mengurangi ukurannya.

Namun, tentu saja jika ukurannya semakin kecil maka kualitas foto akan berkurang dan bisa saja gambarnya pecah.

Nah sekarang sobat tidak perlu khawatir, karena kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi kompres foto terbaik tanpa mengurangi kualitas foto yang bisa sobat baca di artikel ini.

Situs Kompres Foto Online

Melakukan kompres foto saat ini sangat mudah dilakukan karena bisa dilakukan secara online tanpa harus mendownload aplikasi.

Beberapa situs kompres foto bahkan bisa melakukan kompres 5-20 foto sekaligus. Secara otomatis sobat akan mendapatkan hasil foto yang telah dikompres tanpa mengurangi kualitas foto sehingga ketika dilakukan zoom hasil foto tidak pecah.

Sobat bisa melakukan kompres foto di beberapa situs online seperti https://www.iloveimg.com/id/kompres-gambar, https://www.img2go.com/compress-image, https://compressjpeg.com/id/ atau situs lain yang banyak ditemukan di internet.

Aplikasi Kompres Foto di Laptop/PC

Selain online, ada juga aplikasi kompres foto PC yang memudahkan sobat TahooTech mendapatkan foto dengan kualitas sama dengan ukuran lebih kecil. Sobat bisa menggunakan aplikasi bawaan ataupun aplikasi yang didownload.

1. Paint

Aplikasi Kompres Foto Terbaik

Paint adalah aplikasi bawaan Windows yang dapat digunakan untuk kompres foto secara offline dan sobat tidak perlu mendownload atau menginstall aplikasi.

Caranya juga sangat mudah, sobat hanya perlu membuka foto lalu pilih open with dan pilih paint. Setelah foto terbuka di aplikasi Paint sobat hanya perlu memilih menu Resize dan menyesuaikan pengecilan ukuran terhadap foto.

Selanjutnya adalah pilih Save, maka otomatis foto yang terkompres tersimpan di laptop. Sobat bisa melihat ukuran dan pixel foto di aplikasi paint setelah di resize, jika masih kurang kecil sobat bisa menggunakan menu Resize hingga mendapatkan ukuran foto yang diinginkan.

2. Photos

Aplikasi Kompres Foto Terbaik
www.microsoft.com

Aplikasi lain bawaan Windows yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran foto adalah Photos.

Sama seperti Paint, sobat hanya perlu memilih foto yang diinginkan lalu pilih opsi “Open With” dan pilih aplikasi Photos.

Selanjutnya adalah pilih menu Resize, maka akan muncul tiga opsi pengecilan yaitu Small, Medium dan Large.

Setelah sobat memilih ukuran, sobat hanya perlu mengklik Save As untuk menyimpan hasil foto yang telah dikompres ke dalam folder di laptop.

3. Photo Compress And Resize

Aplikasi Photo Compress And Resize adalah aplikasi yang telah digunakan oleh lebih dari 65 ribu pengguna di seluruh dunia.

Sobat bisa mendapatkan foto dengan ukuran yang lebih kecil dengan sangat mudah. Selain itu terdapat fitur Batch compress yang memungkinkan sobat untuk melakukan kompres lebih dari satu foto dalam waktu yang bersamaan.

Tentunya hal ini akan menghemat waktu dan tenaga dibandingkan harus melakukan kompres satu per satu. Serta sobat juga bisa memanfaatkan fitur crop foto untuk memotong bagian foto yang tidak penting sebelum diperkecil.

4. Adobe Photoshop Express

Aplikasi Kompres Foto Terbaik

Adobe photoshop adalah aplikasi yang cukup familiar di kalangan design grafis. Namun karena tools yang sangat kompleks sehingga perlu belajar terlebih dahulu agar sobat bisa benar-benar mahir dalam menggunakan Adobe Photoshop.

Tetapi Adobe juga mengeluarkan produk lain yang dapat digunakan dengan mudah untuk melakukan kompres foto yaitu Adobe Photoshop Express.

Selain memperkecil foto, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan editing dengan mudah serta tampilan yang sangat user friendly.

Download untuk Windows | Mac | Android

5. Radical Image Optimization Tool (RIOT)

Aplikasi Kompres Foto Terbaik
riot-optimizer.com

Aplikasi RIOT dapat memudahkan sobat yang ingin mendapatkan foto dengan ukuran yang kecil tetapi dan kualitas hampir sama dengan foto asli.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi sobat yang baru pertama kali melakukan kompres foto.

Selain itu RIOT mendukung berbagai format grafis untuk dikompres dan dapat disimpan dalam berbagai format seperti JPG, GIF dan PNG.

Untuk memastikan kualitas foto hasil kompres, sobat juga bisa membandingkannya dengan foto asli menggunakan fitur interface panel ganda.

Download Radical Image Optimization Tool (RIOT)

6. Fileminimizer Picture

Aplikasi Kompres Foto Laptop Terbaik

Aplikasi kompres foto untuk Laptop atau PC yang selanjutnya adalah Fileminimizer Picture.

Aplikasi yang satu ini adalah salah satu aplikasi kompres terbaik karena diklaim dapat
mengkompres foto hingga 98%.

Selain itu, sobat juga bisa mengkompres foto sekaligus dalam jumlah yang banyak secara bersamaan.

Aplikasi yang satu ini juga sudah menyediakan integrasi dengan akun Facebook, sehingga sobat bisa mengupload hasil kompres ke akun Facebook milik sobat.

Untuk menggunakan aplikasi Fileminimizer Picture, sobat tinggal download secara gratis
melalui link di bawah.

Meskipun disediakan secara gratis, aplikasi ini tidak kalah kualitasnya dengan aplikasi kompres foto berbayar.

Download Fileminimizer Picture

7. Kraken.io

Aplikasi Kompres Foto Laptop Terbaik

Kraken.io juga bisa sobat gunakan untuk memperkecil ukuran suatu foto secara online
melalui lamannya yakni kraken.io.

Foto yang bisa sobat kompres adalah foto dengan format JPEG, JPG, PNG, GIF, dan lain-lain. Hasil foto yang sudah dikompres melalui aplikasi ini tentunya tidak berkurang kualitasnya dari foto asli.

Teknik kompres foto yang disediakan kraken.io ada dua jenis yakni Lossless dan Lossy.

Lossless adalah teknik kompres tanpa mengurangi atau mengubah pixel foto. Teknik yang
satu ini sangat memperhatikan kualitas foto yang dikompres sehingga tidak menjadi buram.

Sedangkan untuk teknik Lossy menggunakan algoritma khusus yang akan mengkompres
foto sekecil-kecilnya serta format dan kualitas foto akan berbeda.

Kraken.io juga disediakan dalam bentuk ekstensi yang bisa sobat gunakan di Google Chrome dan Firefox. Untuk mencobanya bisa akses ke website resminya melalui link di bawah

Go to Kraken.io 

8. PNGGauntlet

Aplikasi Kompres Foto PC Terbaik

Selanjutnya adalah PNGGauntlet yang juga bisa sobat gunakan untuk kompres foto. Namun, khusus untuk aplikasi ini hanya bisa memberikan ekstensi output foto dalam format PNG.

Sedangkan untuk input bisa semua ekstensi seperti JPG, JPEG, GIF, TIFF, dan juga BMP. Meskipun ukuran foto yang sobat kompres berkurang, namun kualitas foto tetap akan terjaga.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi siapapun karena sangat mudah digunakan.
Tampilan aplikasinya juga sangat sederhana dan user friendly dengan fitur yang lengkap.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini sobat harus menggunakan Microsoft Framework 4.0
(kalau tidak punya silahkan perbaharui saja). Jika berminat menggunakannya, bisa
download melalui berikut:

Download PNGGauntlet

Aplikasi Kompres Foto di Android

Sobat TahooTech pasti menginginkan sesuatu yang serba cepat dan instan bukan. Termasuk dalam hal kompres foto, sobat bisa melakukannya dengan mudah hanya menggunakan smartphone. Berikut ini adalah daftar aplikasi kompres foto yang sangat mudah digunakan.

1. Photo Resizer

Aplikasi Kompres Foto

Aplikasi kompres foto pertama yaitu Photo Resizer. Sobat bisa memilih foto yang akan dikompres dengan menu “Select A Photo”, mengambil foto secara langsung dengan menu “Take A Photo” ataupun memilih di folder dengan menu “Folder Mode”.

Kemudian akan muncul tiga pilihan untuk mengkompres foto yaitu small (480×360), medium (640×480) dan large (800×600). Setelah selesai sobat bisa langsung menyimpan atau membagikan di social media.

2. Reduce Photo Size

Aplikasi Kompres Foto

Aplikasi ini dapat digunakan untuk memperkecil ukuran foto ataupun memotong foto dengan mudah. Sobat bisa menyesuaikan penggunaan aplikasi dalam beberapa bahasa yang tersedia.

Caranya sangat mudah, cukup dengan pilih foto yang ingin diperkecil ukurannya pada menu “Pick Up Image” atau “Take A Photo” kemudian pilih “Reduce”.

Pilihlah ukuran foto yang diinginkan lalu klik “Done”. Sobat bisa langsung menyimpan foto hasil kompres ataupun membagikannya.

3. Photo & Picture Resize

Aplikasi Kompres Foto Terbaik

Aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna di seluruh dunia dengan rating 4.4/5.0 di Google Play.

Fitur yang tersedia sobat bisa melakukan kompres beberapa foto sekaligus sehingga lebih mempersingkat waktu ataupun memotong foto dengan fitur yang mudah digunakan.

Aplikasi ini menjanjikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan kompresi, sobat bisa memilih “Smart Image Resizer” untuk melakukan kompres ukuran atau resolusi foto.

4. Image Optimizer

Aplikasi Kompres Foto

Image optimizer memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan kompresi foto sekaligus mengoptimisasi kualitas foto.

Sehingga sobat bisa mendapatkan foto dengan ukuran lebih kecil namun kualitasnya hampir sama dengan foto asli.

5. Pixlr – Free Photo Editor

Aplikasi Kompres Foto

Sobat bisa melakukan editing foto menggunakan Pixlr. Selain itu fitur lainnya adalah mengkompresi foto untuk memperkecil ukuran foto, menggabungkan beberapa foto maupun memberikan stiker.

Sobat juga bisa mengubah tone warna foto dengan mudah menggunakan pilihan “Auto Fix”, menggunakan banyak efek foto yang cantik menggunakan menu “Stylize”, menambahkan text ke dalam foto dan bahkan Pixlr dapat menyimpan fitur fitur editing kesukaan sobat sehingga tidak perlu lagi mencari ketika melakukan editing pada foto lain.

6. Photo Compresss 2.0

Aplikasi Kompres Foto

Jika sobat ingin mengecilkan suatu ukuran foto dengan waktu singkat maka aplikasi Photo Compress 2.0 adalah pilihan yang tepat.

Aplikasi ini bisa sobat gunakan untuk mengurangi ukuran suatu foto dari besar menjadi lebih kecil dengan tetap mempertahankan kualitas foto.

Jadi, sobat tidak perlu khawatir foto sobat akan menjadi jelek setelah dikurangi ukurannya.

Selain bisa digunakan untuk kompres foto, aplikasi ini juga memiliki fitur lainnya untuk mengedit suatu foto, misalnya crop, resize, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android 2020


Sobat bisa memilih salah satu aplikasi kompres foto di atas untuk mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan. Happy compressing!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like