Seputar Aplikasi Keluarga Sehat, Kenali Beberapa Hal Berikut!

TahooTech – Salah satu jenis program yang digadang-gadang Kementerian Kesehatan adalah aplikasi keluarga sehat.

Perlu sobat ketahui bahwa aplikasi ini merupakan suatu aplikasi survey yang digunakan secara digital dan masif oleh masyarakat guna menyempurnakan program lainnya, yakni program Indonesia sehat dan program keluarga atau pis-pik.

Dalam proses penggunaannya terdapat beberapa indikator yang dijadikan dasar dalam pelaksanaan penentuan sehat tidaknya sebuah keluarga. Setidaknya ada 12 indikator yang bisa sobat pelajari melalui pembahasan rinci di sub bab selanjutnya.

Perlu sobat TatooTech ketahui, aplikasi keluarga sehat ini dilengkapi dengan beberapa fitur canggih guna memudahkan para penggunanya.

Meski demikian, sobat tidak usah khawatir terkait teknis pengoperasiannya, pasalnya dijamin ramah pengguna.

Informasi lengkap mengenai aplikasi tersebut dapat sobat pahami lebih mendalam pada pembahasan di sub bab selanjutnya.

Cara Log in Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi Keluarga Sehat

Setelah mengetahui dan memahami apa saja indikator keluarga sehat yang dijadikan dasar dalam pengisian aplikasi keluarga sehat. Kini sobat harus paham juga bagaimana cara login di aplikasi tersebut.

  • Setelah sobat mengunduh aplikasi tersebut baik di android maupun laptop. Selanjutnya adalah memasukkan username beserta password yang sudah dibuatkan admin pada sesi sebelumnya.
  • Setelah masuk, sobat akan diinstruksikan untuk mengisi tahun kunjungan keluarga sehat. Saat itu juga laman akan dialihkan ke beranda aplikasi tersebut.
  • Data lokasi surveyor akan tampil di beranda. Lokasi tersebut sesuai dengan data yang didaftarkan oleh admin.

  • Pada tahap selanjutnya, sobat akan menemukan beberapa pertanyaan terkait siapa kepala keluarga, jumlah anggota keluarga, dan lain sebagainya. Terus lanjutkan hingga muncul pertanyaan pribadi.
  • Jika sudah, maka selamat data sobat sudah ter-entry secara online.

12 Indikator PIS-PK: Dasar Penggunaan Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi Keluarga Sehat

Untuk memudahkan pengisian lembar survei pada aplikasi tersebut, sobat bisa berpatokan pada beberapa indikator keluarga sehat yang sudah ditetapkan oleh kementerian kesehatan. Setidaknya terdapat 12 indikator, silakan sobat TahooTech pahami dengan saksama beberapa penjelasan berikut ini.

1. Keluarga Mengikuti Program KB

Indikator keluarga sehat yang pertama adalah keikutsertaan program KB. Program ini berguna untuk memantau jarak kelahiran anak dan membatasi jumlah anak yang lahir dalam suatu keluarga.

2. Ibu Melakukan Persalinan di Fasilitas Kesehatan

Guna menekan tingkat risiko keselamatan ibu dan bayi, maka usahakan untuk memeriksakan dan melakukan persalinan di fasilitas kesehatan.

3. Bayi Mendapatkan Imunisasi Dasar Lengkap

Indikator selanjutnya adalah kelengkapan imunisasi dasar lengkap bagi buah hati. Pastikan sobat senantiasa memantau kebutuhan imunisasi dasar lainnya yang tak kalah penting.

4. Bayi mendapat ASI eksklusif

Meski tidak ada salahnya penggunaan susu formula, namun usahakan untuk usia 0-6 bulan ibu harus memberikan ASI pada bauh hatinya.

5. Balita Mendapatkan Pemantauan Pertumbuhan

Pada usia ini sangat dianjurkan untuk senantiasa memantau pertumbuhan anak. Sobat bisa memeriksakannya pada posyandu atau instansi kesehatan lainnya.

6. Penderita Tuberkulosis Mendapatkan Perawatan Sesuai Standar

Peran anggota keluarga bagi penderita tuberkulosis sangat sentral. Pasalnya penderita harus senantiasa mendapatkan perawatan secara intens agar tidak menular ke anggota keluarga lainnya.

7. Penderita Hipertensi Mendapatkan Perawatan Teratur

Indikator selanjutnya yang tak kalah penting untuk sobat ketahui adalah keteraturan perawatan bagi penderita hipertensi. Terlebih penderita gangguan hipertensi tidak memiliki tanda-tanda yang jelas ketika kambuh, sehingga penting untuk melakukan pengobatan secara teratur diiringi dengan pelaksanaan pola hidup sehat.

8. Penderita Gangguan Jiwa Mendapatkan Perawatan

Bagi sobat yang memiliki anggota keluarga penderita gangguan jiwa. Pastikan untuk merawatnya hingga sembuh dan tidak menelantarkannya, ya.

9. Anggota Keluarga Tidak Ada yang Merokok

Indikator lain yang harus benar-benar diperhatikan adalah tidak adanya anggota keluarga yang merokok. Pasalnya bahaya akibat merokok tak hanya dialami oleh perokok aktif saja, seorang yang pasif pun bisa mengalami dampak yang serupa.

10. Keluarga Sudah Terdaftar JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)

Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi kesehatan, maka pemerintah mengeluarkan JKN. Program ini menyasar dalam hal pembayaran premi yang bisa disesuaikan dengan besaran penghasilan.

11. Keluarga Memiliki Akses Air Bersih

Sebagai salah satu hal yang tak bisa terlepas dari keseharian, pastikan sobat TahooTech memiliki akses air bersih, ya. Selain menyehatkan, sumber air bersih tersebut juga dapat menghindarkan diri dari berbagai bakteri atau kuman pembawa penyakit.

12. Keluarga Mempunyai Jamban yang Sehat

Selain akses air, jamban yang sehat juga harus dimiliki oleh setiap keluarga. Hal ini akan berdampak positif pada kesehatan setiap anggota keluarga.

Rincian Fitur Aplikasi Keluarga Sehat PIS-PK

Aplikasi Keluarga Sehat

Ketika menggunakan aplikasi keluarga sehat, sobat akan menemui beberapa fitur di dalamnya. Terdapat 9 fitur seperti penjelasan berikut ini.

1. Fitur Tahun Aktif

Jenis fitur yang pertama ini dikhususkan untuk admin pusat. Fungsinya tak lain guna memantau dan pelaporan data survei seluruh anggota pada periode berjalan.

2. Fitur Transfer Wilayah Kerja

Fitur ini berfungsi untuk memindahkan data sebauh keluarga dari satu puskesmas ke puskesmas lain. Hanya saja, fitur ini hanya bisa diakses oleh admin pusat.

3. Fitur Sasaran Wilayah

Fitur ini berisi sejumlah data sasaran pengisian survei keluarga yang diperuntukkan bagi admin PKM di wilayah kerjanya. Adapun cakupan wilayah kerja tersebut bisa dalam lingkup desa maupun kecamatan.

4. Fitur Wilayah Kerja

Dikhususkan bagi admin PKM. Fitur ini memiliki fungsi sebagai basis data pemetaan keluarga yang akan di survei baik di lingkup desa maupun kecamatan.

5. Fitur Rukun Warga

Masih dikhususkan bagi admin PKM, fitur ini berguna sebagai basis penginputan data dalam lingkup RT maupun RW sesuai dengan wilayah kerjanya baik tingkat desa maupun kecamatan. Jika ditemui daerah yang tidak memiliki RW maka pihak puskesmas harus melakukan penginputan nomor secara mandiri.

6. Fitur IKS Puskesmas

Fitur ini berfungsi untuk melihat IKS (Indeks Keluarga Sehat) berdasarkan wilayah kerja puskesmas sesuai dengan indikator yang telah di tetapkan.

7. Fitur Target Surveyor

Berguna untuk mengukur tingkat kepedulian dan rasa tanggung jawab dari setiap data keluarga yang menjadi tanggung jawabnya. Fitur ini dikhususkan bagi para surveyor yang memiliki tingkat targeting yang tinggi, untuk selanjutnya disampaikan kepada admin PKM.

8. Fitur Monitoring Wilayah

Sesuai dengan namanya, fitur ini memiliki fungsi sebagai bahan evaluasi atas capaian kinerja baik dari admin PKM maupun surveyor yang didasarkan atas data realisasi dibandingkan dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya.

9. Fitur Crosstab

Terakhir adalah fitur crosstab yang dapat digunakan untuk menganalisis data mentah yang telah diunduh dari akun admin PKM untuk selanjutnya diolah secara mandiri dan diupload kembali.


Melihat penjelasan di atas, sudahkah sobat memahami hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi keluarga sehat? Tentu penjelasan tersebut bisa menambah wawasan sobat semua ya.

Selanjutnya, untuk menambah rangkaian informasi tersebut, silakan sobat akses sumber serupa yang relevan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like