Ragam Aplikasi Kasir dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Penting punya aplikasi kasir untuk bisnis sobat…

TahooTech – Mengelola keuangan maupun stock produk tak hanya dilakukan oleh rumah tangga konsumsi saja. Untuk ukuran usaha dengan berbagai lingkup, baik besar maupun kecil pun turut menggunakan konsep tersebut.

Tak lain hal ini bertujuan untuk kejelasan pengelolaan usaha. Dokumennya pun dapat dipertanggungjawabkan suatu saat nanti untuk evaluasi maupun audit internal.

Jika biasanya rumah tangga konsumsi maupun usaha dengan lingkup kecil hanya mengandalkan pengelolaan dan pengendalian keuangan atau stock barang secara manual.

Hal berbeda dapat ditemui di lingkup usaha yang lebih besar yakni karena menggunakan aplikasi kasir.

Tak sulit untuk penngoperasiannya, kini sobat pun bisa mulai menggunakannya alih-alih menulisnya secara manual. Sebagai gambaran, silakan pelajari pembahasan pada sub bab berikut ini.

Manfaat Aplikasi Kasir

Untuk membantu sobat semua agar mudah memahami pentingnya aplikasi kasir. Ada baiknya saat ini mulai mempelajari aneka manfaat dari aplikasi tersebut. Setidaknya ada 5 hal yang menjadi manfaat, seperti penjelasan berikut ini.

1. Mempersingkat Waktu

Aplikasi Kasir

Manfaat pertama dari penggunaan aplikasi kasir yang bisa sobat nikmati adalah efektivitas dan efisiensi. Alih-alih menggunakan pengelolaan secara manual yang membutuhkan waktu lama dan suit menganalisa kesalahan. Sobat bisa mempersingkat waktu jika menggunakan aplikasi kasir tersebut.

2. Sebagai Sistem Keamanan

Aplikasi Kasir

Berpatokan pada jenis perusahaan yang memiliki banyak cabang, akan sulit rasanya jika harus menghadirkan satu persatu karyawannya. Namun, melalui aplikasi kasir ini proses audit internal tetap dapat dilakukan karena bisa dipantau secara mobile. Hal inilah yang menjadikannya pilihan karena memiliki sistem keamanan yang hanya bisa diakses oleh seorang yang berkepentingan saja.

3. Peningkatan Keuntungan

Aplikasi Kasir

Manfaat selanjutnya berkaitan dengan Research and Development dari aplikasi kasir itu sendiri. Pada bagian ini sobat bisa mengembangkan menu untuk menambah keuntungan perusahaan, misalnya saja dengan penambahan diskon atau promo tertentu yang mana hal tersebut dapat meningkatkan minat beli konsumen.

4. Pengendalian Kas dan Stock

Aplikasi Kasir

Manfaat utama dari aplikasi kasir tersebut tentu tak lain adalah sebagai alat untuk pengendalian kas dan stock barang. Sobat bisa menginput data tersebut pada menu yang telah tersedia. Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang agar pengelolaannya dapat dilakukan secara tepat.

5. Membantu Analisa Bisnis

Aplikasi Kasir

Siapa kira jika ternyata aplikasi kasir tersebut dapat digunakan sebagai alat analisa bisnis yang cukup baik. Berpatokan pada data keuntungan maupun stock barang yang masih tersedia, manajemen perusahaan tentu dapat memperkirakan prospek keuntungan dan analisa bisnis tersebut kemudian hari.

Tujuan Penggunaan Aplikasi Kasir

Setelah sobat TahooTech menyimak macam-macam manfaat dari penggunaan aplikasi kasir. Selanjutnya sobat sekalian akan diajak untuk lebih memahami apa tujuan dari adanya aplikasi kasir tersebut. Ini dia penjelasan rincinya untuk sobat simak semua.

1. Mencetak Nota Penjualan

Tujuan pertama adalah mempermudah pencetakan nota penjualan. Tak perlu repot menulis, keberadaan aplikasi ini cukup membantu kemudahan pengerjaan sesuatu hal.

Dilihat dari sisi konsumen/ pelanggan, aplikasi kasir ini dapat digunakan sebagai acuan berapa nominal yang harus dikeluarkan ketika berbelanja.

Sedangkan dari sisi pemilik usaha dapat diketahui besaran penghasilan yang diperoleh.

2. Mengetahui Pembelian dan Penjualan dalam Suatu Periode

Tujuan aplikasi ini yang kedua adalah dapat membantu pihak pemilik usaha untuk mengetahui pembelian dan penjualan produk dalam suatu periode tertentu.

Dikarenakan sistem aplikasi sudah menyimpan penginputan transaksi selama periode berjalan, maka ketika sobat membutuhkan laporan triwulan, setengah tahunan atau setahun dapat dengan mudah disiapkan.

3. Alat Pengontrol Ketersediaan Stock

Aplikasi ini dapat digunakan pula sebagai sistem pengendalian barang. Mampu mengontrol ketersediaan stock barang, hal ini akan mempermudah pemilik untuk menganalisa produk mana yang menjadi incaran konsumen. Hal ini akan digunakan sebagai dasar penyediaan barang tersebut di kemudian hari.

4. Mengetahui Laba Selama Satu Periode

Keunggulan dari aplikasi kasir ini adalah memudahkan pemilik ketika akan melihat besaran laba dalam suatu periode tertentu. Tak perlu menghitungnya secara manual, sobat hanya perlu memilih menu laporan di aplikasi tersebut.

5. Mengontrol Ketersediaan Stock

Selain pengendalian stock, aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai pengontrol ketersediaan stock. Hal ini akan mempermudah pemilik untuk melakukan penyediaan barang sesuai dengan kuantitas stock dari masing-masing jenis produk yang ada.

Macam Aplikasi Kasir Gratis

Perlu sobat TahooTech semua ketahui, bahwa ternyata ada beberapa jenis aplikasi gratis yang dapat dimanfaatkan dan dioptimalkan dengan baik. Dilihat dari perangkat yang dipakai sebenarnya tidak jauh berbeda, namun sebagai bahan perbandingan silakan simak penjelasan berikut ini.

Daftar Aplikasi Kasir Gratis PC

Aplikasi Kasir

Untuk sebuah usaha yang memiliki lingkup lebih luas, penggunaan aplikasi kasir dapat disesuaikan dengan perangkat komputer atau pc.

Terdapat beberapa jenis aplikasi gratis yang bisa sobat gunakan dan optimalkan. Keyhut, Vendhq, atau Chromis POS adalah nama dari beberapa jenis aplikasi gratis khusus pc.

Bahkan untuk Microsoft Excel pun bisa sobat gunakan sebagai aplikasi kasir yang andal loh. Agar bisa mengoptimalkannya sobat bisa langsung saja mengunduh melalui browser dengan membuka website resminya.

Daftar Aplikasi Kasir Android Gratis

Aplikasi Kasir

Tak harus menggunkan pc, sobat TahooTech pun bisa mengoptimalkan perangkat android yang dimiliki. Terdapat beberapa macam jenis yang dapat dijadikan referensi mulai dari Pawoon, Moka POS, iREAP POS Lite dan lain sebagainya. Untuk mendapatkannya sobat bisa mengunjunginya langsung di play store maupun appstore.

Fitur yang Tersedia di Aplikasi Kasir Excel

Aplikasi Kasir
Contoh aplikasi kasir di Excel oleh jogjaexcel.com

Seperti penjelasan sebelumnya yang telah menyebutkan bahwa excel dapat dioptimalkan untuk aplikasi kasir. Sebagian besar sobat tentu sudah paham bagaimana cara membuatnya.

Membutuhkan rumus fungsi yang cukup rumit, nyatanya manfaat yang diperoleh pun sebanding. Jika kebetulan sobat enggan untuk membuatnya sendiri, tenang saja karena aplikasi tersebut sudah banyak ditemui di website tertentu.

Cukup ketikkan saja download aplikasi kasir excel pada browser maka akan muncul beragam pilihan.

Tak akan membahas mengenai prosedur pembuatan. Kali ini sobat akan diajak untuk memahami apa saja fitur yang dapat diperoleh jika menggunakan aplikasi ini. Terdapat enam hal, berikut penjelasannya.

  1. Fitur pertama adalah mudahnya untuk pengoperasian dan konektivitas antar menu. Ketika ada transaksi suatu produk, maka secara otomatis stok produk akan berkurang diiringi dengan penambahan kas masuk.
  2. Selanjutnya sobat bisa mencetak nota secara langsung tanpa harus membuatnya terlebih dahulu.
  3. Diskon atau potongan harga dapat sobat atur dan kelola sendiri.
  4. Pencarian barang/ stock sangat mudah dilakukan. Selain itu, aplikasi kasir excel ini pun sudah suport bar code sehingga dapat mempermudah transaksi.
  5. Tanpa harus menginput secara manual, sobat sudah bisa mencetak aneka laporan keuangan maupun grafik penjualan secara otomatis.
  6. Terdapat fitur pengaturan user akun.

Menyimak beberapa penjelasan seputar aplikasi kasir tersebut di atas tentu membuat sobat ingin mencobanya bukan?

Tak usah ragu lagi, silakan aplikasikan hal tersebut untuk pengelolaan mini market atau usaha sobat semua. Jangan lupa untuk tetap bijak dalam menggunakannya, ya. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like