Cara Mengelola Stok Barang Dengan Aplikasi Gudang

TahooTech – Mengelola sebuah stok barang tentu saja membutuhkan sebuah ketelatenan. Pasalnya jika salah sedikit saja akan berakibat fatal terhadap jumlah barang yang ada di gudang.

Terutama bagi sobat yang memiliki usaha yang banyak. Pastinya dibutuhkan aplikasi gudang yang memudahkan sobat mengelola barang yang ada di dalam gudang.

Tips Mengelola Stok Barang

Jika bisnis sobat bergerak di bidang jual beli rumah atau mobil, ini mungkin akan sedikit mudah karena barang yang dijual berukuran besar dan biasanya berjumlah sedikit.

Tapi jika sobat menjalani bisnis retail yang memiliki banyak barang dengan item hingga ribuan, maka hal ini akan sangat memusingkan.

Untuk itu dengan menggunakan aplikasi gudang akan memudahkan sobat mengontrol usahan sobat.

Teruntuk itu bila sobat ingin mudah mengontrol barang menggunakan aplikasi gudang. Simak penjelasannya berikut ini :

1. Persiapkan Data Seakurat Mungkin

Aplikasi Gudang
paper.id

Secara individu tugas dan tanggung jawab sangat diperlukan oleh individu tersebut. Individu tersebut harus melakukan pencatatan seakurat mungkin seperti input stok masuk dan stok keluar yang dapat dibantu dengan program pendukung agar proses pencatatan lebih akurat.

Tujuan dilakukannya hal ini adalah agar Anda mengetahui terlebih dahulu data dari periode sebelumnya, lalu menentukan target pemasaran serta ramalan (forecast) penjualan pada periode saat ini.

Bila sobat menggunakan aplikasi gudang maka data yang disediakan akan sangat akurat dan bisa di laporkan sedemikian rupa kepada kepala gudang.

2. Lakukan Pengecekan

Aplikasi Gudang
harmony.com

Sebelum barang akan dikirim ke customer tentu saja harus ada persediaan bukan. Dengan melakukan pengecekan sebelum sobat akan kirimkan sebaiknya ketahui kondisi barang terlebih dahulu.

Pengecekan ini bisa dilakukan sebelum pemberian kode agar sobat bisa mengetahui ada atau tidaknya barang yang dicatat dalam tumpukan stok barang.

Pengecekan ini juga bisa membantu untuk mengetahui barang mana yang mengalami kecacatan, salah produksi, dan kesalahan lainnya sebelum memutuskan untuk menyimpannya.

3. Pisahkan Stok Baru dan Stok Lama

Aplikasi Gudang
ukirama.com

Terkadang sobat kelupaan untuk memilih dan memilah mana barang yang baru atau yang sudah lama. Untuk itu diperlukan kehati-hatian untuk mengecek barang.

Sebaiknya sobat bisa lakukan beberapa cara dengan memisahkan stok baru dan stok lama. Caranya dengan mendownload aplikas gudang yang ada di internet.

Dengan menggunakan aplikasi gudang tentu saja dapat memudahkan sobat mengelola toko dengan mudah dan gampang.

Apalagi saat ini banyak sekali aplikasi gudang yang dapat sobat gunakan sehari-hari. Pastikan juga sobat telah menggunakan sistem percatatan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Sistem yang bagus akan menjadi aset bisnis sobat karena dapat mengamankan stok dan memberikan keuntungan.

4. Memberikan Kode

Aplikasi Gudang
sleekr.co

Selain melakukan pengecekan barang. Sobat juga perlu memisahkan barang dengan menggunakan kode.

Kode ini bisa sobat gunakan untuk membedakan mana barang yang akan dijual dan mana barang yang akan dipilih.

Barang yang sudah sobat berikan kode tentu saja akan memudahkan barang cepat disortir dengan mudah.

Baca juga: 3 Aplikasi Akuntansi Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

Macam-Macam Aplikasi Gudang

Dengan adanya sistem pengelolaan yang baik, tentu akan berpengaruh kepada proses bisnis dalam meningkatkan pendapatan usaha Anda.

Untuk menunjang hal tersebut, sobat perlu menggunakan aplikasi gudang. Aplikasi gudang akan membantu sobat untuk memudahkan dalam proses input data dan pencarian stok barang.

Hal itu bisa dilakukan di manapun dan kapanpun hanya dengan menggunakan perangkat ponsel atau tablet berbasis Android ataupun PC.

Hal ini lah yang membuat penggunaan aplikasi ini penting digunakan di usaha sobat. Berikut ini ada beberapa macam aplikasi gudang yang perlu sobat

1. Stock and Inventory Simple

Aplikasi Gudang
androidappsapk.co/

Aplikasi gudang pertama yang dapat sobat coba gunakan adalah Stock and Inventory Simple. Perlu diketahui bahwa aplikasi yang dikembangkan oleh Chester SW ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali dan memiliki rating 4.6 di Play Store.

2. Inventory Management

Aplikasi Gudang
odoo.com

Fitur aplikasi besutan developer Inventory Releases ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki usaha rumahan dengan stok barang yang tidak terlalu besar.

Aplikasi ini Telah diunduh lebih dari 100 ribu kali dan memiliki ukuran file yang hanya 3.9 M Inventory Management memiliki tampilan aplikasi yang cukup sederhana dan mudah dipahami oleh pengguna baru.

3. Easy Inventory Manager Offline

Aplikasi Gudang

Aplikasi gudang ini juga dapat membuat sebuah laporan persediaan, riwayat transaksi, hingga utang piutang yang dimiliki secara otomatis.

Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk memungkinkan sobat dapat mengelola usaha dengan aman dan terstruktur.

Jadi, risiko kesalahan pencatatan atau hal-hal lainnya yang akan membuat sebuah proses bisnis dapat terganggu menjadi lebih kecil.


Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengelola stok barang dengan mudah dengan aplikasi gudang. Agar sobat bisa membedakan mana barang yang harus dijual dan juga barang yang akan disimpan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like