14 Aplikasi Cetak Foto PC, Android, dan iPhone Rekomendasi

TahooTech – Seiring dengan perkembangan yang ada saat ini, sobat sudah bisa menikmati kemudahan dalam hal proses cetak foto.

Kehadiran berbagai macam aplikasi cetak foto yang bisa digunakan secara gratis dan mudah digunakan membuat semua foto yang dicetak hasilnya berkualitas dan memuaskan.

Aplikasi cetak foto ini juga tersedia pada berbagai perangkat, ada aplikasi cetak foto PC dan Laptop, aplikasi cetak foto Android, bahkan saat ini sudah ada aplikasi cetak foto online dalam bentuk situs penyedia layanan cetak foto.

Perlukah Aplikasi Cetak Foto untuk Profesional?

Aplikasi Cetak Foto Terbaik

Bagi Sobat yang gemar dengan dunia fotografi, mengabadikan berbagai momen indah bersama keluarga, teman, dan kolega, mengambil foto eksis sendiri, ataupun objek yang menawan dan indah dengan mengambil foto adalah suatu hal yang menyenangkan dan seru.

Hasil dari pengambilan foto tersebut biasanya tidak hanya sekedar disimpan sebagai file foto di PC, Laptop, dan Android yang hanya dilihat ketika ingin bernostalgia saja.

Sebagian besar orang pastinya ingin menghadirkan foto tersebut dengan mencetaknya. Hal ini dilakukan agar momen yang indah, foto eksis, atau objek yang menawan dari hasil kegiatan fotografi yang dilakukan bisa selalu terlihat dan dinikmati pula oleh orang lain. Misalnya dengan mencetaknya, lalu di jadikan pajangan pada dinding rumah ataupun kamar.

Selain itu, proses mencetak foto juga biasanya dibutuhkan ketika ada keperluan kelengkapan data, baik itu untuk urusan pekerjaan, pernikahan ataupun untuk pelengkap dokumen lainnya.

Dulunya ketika sobat ingin mencetak foto pastinya selalu mengunjungi toko yang menyediakan jasa pencetakan foto.

Di tempat pencetakan foto ini, sobat biasanya tidak bisa dengan leluasa untuk melakukan proses editing agar tampilan foto yang sudah dicetak nantinya lebih bagus dan sesuai keinginan.

Meskipun biasanya sobat bisa menyampaikan ke orang yang menyediakan jasa cetak foto, namun terkadang masih tidak sesuai dengan ekspektasi.

Nah, untuk memudahkan sobat untuk mencetak sendiri di rumah dengan hasil profesional sobat bisa mencoba beberapa aplikasi cetak foto populer yang mudah digunakan dibawah ini.

Aplikasi Cetak Foto PC dan Laptop

Jika sobat menggunakan PC atau Laptop untuk mencetak foto, kami sarankan menggunakan aplikasi terbaik yang disertai fitur pendukung untuk mengedit foto sebelum mencetaknya.

Mengedit foto berguna untuk menyempurnakan segala kekurangan dari foto yang hendak dicetak agar lebih baik hasil cetakannya.

1. PhotoScape

Aplikasi Cetak Foto

Aplikasi pertama yang cukup mudah digunakan pada PC dan Laptop adalah PhotoScape.

Aplikasi ini juga boleh dibilang sebagai aplikasi serba bisa dalam urusan foto. Aplikasi ini bisa sobat gunakan untuk berbagai kebutuhan editing foto sebelum mencetaknya.

Diantara fiturnya adalah melakukan perubahan warna pada foto menjadi grayscale, sepia, threshold, atau negatif.

Selain itu, sobat juga bisa menambahkan bingkai, efek foto antik, efek film, dan klasik juga melakukan penyesuaian kontras dan backlight.

Pada tampilan utama photoscape, ada berbagai macam pilihan sub menu yang disediakan diantaranya adalah: homepage, viewer, editor, batch editor, page, combine, aniGif, print, splitter, screen capture, color picker, raw converter, rename. Dengan fitur printnya, sobat bisa mencetak foto dengan mudah.

Download PhotoScape

2. GIMP

Aplikasi Cetak Foto Terbaik

Aplikasi ini dinamai berdasarkan singkatan dari GNU Image Manipulation Program (Program Manipulasi Gambar GNU).

Aplikasi cetak dan edit foto ini memiliki desain yang sama dengan Photoshop, meskipun dengan tampilan dan fitur yang lebih sederhana.

Namun, kemampuannya lebih baik dari tampilannya dengan berbagai macam alat untuk melakukan pengeditan meski tidak sekompleks Photoshop.

Aplikasi ini menyediakan fitur seperti mewarnai, mengubah format gambar, dan mengedit foto menjadi lebih menarik dan berkualitas. Sobat bisa menghasilkan foto yang dicetak sesuai dengan kreatifitas yang sobat miliki. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk Linux, macOS, dan juga Windows.

Download GIMP

3.Pixlr

Aplikasi Cetak Foto

Aplikasi ini bisa sobat gunakan untuk mengedit dan mencetak foto pada semua perangkat seperti Windows atau Mac.

Pixlr juga bisa digunakan secara online maupun offline dengan berbagai macam fiturnya yang simpel dan praktis.

Sobat juga tidak perlu memiliki skill yang hebat untuk mengedit foto di aplikasi ini karena kemudahan yang dihadirkan pada setiap alat dan fitur yang tersedia. Setelah melakukan pengeditan foto yang sesuai keinginan, sobat bisa langsung mencetaknya juga.

Ketiga aplikasi ini memiliki kemudahan untuk digunakan, tapi sebenarnya masih ada aplikasi cetak foto dan edit yang tak kalah baiknya dengan aplikasi tersebut.

Misalnya saja, IrfanView, iPhoto, Print Creations ARCSoft, dan lainnya. Sedangkan jika sobat ingin menggunakan aplikasi yang lebih rumit ada Photoshop dan Adobe Lightroom.

Aplikasi cetak foto juga tidak hanya tersedia pada PC dan Laptop, tapi juga tersedia di Android. Beberapa aplikasi yang menurut kami menarik dengan fungsionalitas tinggi, adalah sebagai berikut.

Go to Pixlr

4. Picasa

Aplikasi cetak foto lainnya yang juga sering digunakan adalah Picasa. Sobat TahooTech dapat mendownload aplikasi Picasa secara gratis.

Fitur yang diberikan oleh Picasa juga cukup dan mudah digunakan oleh pemula untuk melakukan editing foto dan bisa langsung mencetakknya dengan printer yang telah tersambung dengan PC.

Namun aplikasi Picasa hanya compatible untuk perangkat dengan system operasi Windows dan belum mendukung untuk iOS.

Sobat juga bisa langsung membagikan hasil editing foto ke berbagai media. Picasa dapat melakukan cetak foto dengan beberapa ukuran dalam satu kertas.

Update: Layanan Picasa kini sudah dihentikan oleh Google, informasi detail kunjungi laman resminya, Picasa

5. iPhoto

Jika Picasa hanya bisa support untuk perangkat dengan system operasi Windows, sobat TahooTech pengguna Apple (macOS) tidak perlu khawatir karena ada aplikasi Apple iPhoto.

Aplikasi ini dibuat khusus oleh Apple untuk melakukan editing dan bisa langsung mencetak foto. Aplikasi ini tidak bisa didapatkan secara gratis, sehingga harus membeli di App Store.

Namun sobat TahooTech tidak perlu khawatir karena kualitas yang dijanjikan oleh iPhoto benar-benar akan memuaskan hasrat sobat sekalian.

Go to iPhoto

6. Adobe Photoshop Element

Aplikasi terakhir rekomendasi untuk sobat TahooTech adalah Adobe Photoshop Element. Untungnya aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna laptop dengan system operasi Windows maupun iOS.

Ada banyak fitur yang ditawarkan untuk memudahkan pengguna melakukan editing foto dasar sehingga bisa menghasilkan foto yang keren dan bisa langsung dicetak.

Go to Adobe Photoshop Element

Aplikasi Cetak Foto Android dan iPhone

Proses cetak foto juga bisa dilakukan dengan mudah melalui perangkat Android, berabgai pengemban aplikasi Android menghadirkan beberapa aplikasi cetak foto yang bisa digunakan pada smartphone Android.

Dengan kehadiran aplikasi ini,maka sobat tidak perlu lagi repot memindahkan data foto karena bisa dicetak langsung. Berikut beberapa aplikasi yang bisa soba gunakan untuk mencetak foto dari Android.

1. StarPrint – Aplikasi Cetak

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan pada semua jenis perangkat Android. Cara terhubungnya bisa melalui WiFi, Bluetooth dan USB.

Aplikasi ini juga disertai dengan metode cetak via printer bersama dan printer airprint. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis dan bisa digunakan pada printer merek HP, Epson, Canon, Samsung dan lainnya.

Download StarPrint

2. Mobile Print – PrinterShare

Sobat Mudi juga bisa menggunakan aplikasi berikut ini untuk melakukan proses cetak foto melalui Android.

Aplikasi ini memiliki keunggulan bisa mencetak foto apa saja dan menyediakan kemudahan untuk bisa melakukan pengaturan kertas, duplex mode, orientasi jalaman, kualitas resolusi dan lain sebagainya.

Download Mobile Print – PrinterShare

3. Canon Print Inkjet/SELPHY

Aplikasi Cetak Foto

Cetak foto juga bisa sobat lakukan dengan mudah menggunakan Canon Print Inkjet/SELPHY.

Setiap pengguna bisa melakukan editing foto seperti crop sebelum mencetak foto. Aplikasi ini ini memiliki keunggulan yakni bisa mencetak 39 foto sekaligus dalam satu kali proses.

Ketiga aplikasi ini memberikan kemudahan dalam mencetak foto melalui Android. Cara lain yang lebih mudah dilakukan untuk mencetak foto selain menggunakan aplikasi adalah dengan mengakses situs yang menyediakan layanan aplikasi cetak foto online seperti goodies.co.id dan bapr.id.

Download Canon Print Inkjet/SELPHY

4. Pic Print App: Walmart Photo Prints

Aplikasi sangat populer dan telah banyak digunakan oleh ratusan orang di seluruh dunia karena kemudahan dan kualitas hasil cetakan foto yang dihasilkan. Tak tanggung tanggung, bahkan aplikasi ini telah mendapat rating 4.7/5.0 di Google Play.

Untuk mencetak foto langkah yang harus dilakukan yaitu memilih foto yang akan dicetak, sobat bisa memilih foto secara offline yang ada di galeri smartphone maupun memilih foto secara online yang telah ada di unggahan Instagram, Facebook, Dropbox atau yang lainnya. Selanjutnya adalah memilih ukuran dan kualitas cetakan, lalu pilih tempat sobat akan mengambil cetakan.

Download Pic Print App: Walmart Photo Prints

Baca juga: 9 Aplikasi Edit Video Android Terbaik (Tanpa Watermark)

5. AirPrint

AirPrint adalah aplikasi khusus yang dibuat Apple untuk memudahkan penggunanya jika ingin mencetak foto dengan kualitas tinggi. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini melalui iOS aplikasi yang mendukung untuk melakukan cetak foto misalnya Photos, Safari atau Mail.

Gunakan AirPrint

6. BAPR-Cetak Foto

Sobat TahooTech jangan baper dulu setelah membaca nama aplikasi satu ini. Karena BAPR disini adalah kependekan dari Backup and Print. Sesuai dengan namanya, sobat dapat membackup foto dan langsung mencetak foto sobat dengan mudah.

Aplikasi cetak foto BAPR bahkan bisa mengirimkan foto langsung ke alamat. Sehingga untuk kondisi pandemic saat ini dimana ada pembatasan social, sobat tidak perlu khawatir lagi mencari tempat foto yang mudah dan berkualitas.

Aplikasi ini memberikan keunggulan hasil cetakan foto yang berkualitas dengan kertas foto yang bisa tahan hingga puluhan tahun. Selain itu kecepatan pengiriman hasil cetakan foto sampai ke rumah sobat.

Download BAPR-Cetak Foto

7. Pointillist – Thermal Printer Camera

Aplikasi cetak foto ini juga digemari oleh banyak orang. Aplikasi ini memberikan kemudahan kepada sobat untuk mencetak foto dari hasil kamera ataupun capture dan langsung dicetak hanya dengan menggunakan Bluetooth.

Sobat hanya perlu menggunakan Bluetooth thermal printer yang sangat murah. Bahkan sobat TahooTech dapat melakukan print mobile banking yang tidak memiliki fitur Bluetooth printer.

Sobat bisa melakukan pengaturan untuk menunda pencetakan foto dan juga memotong foto seuai keinginan serta menyesuaikan ukuran foto.

Download Pointillist – Thermal Printer Camera

8. Kicksend

Sobat TahooTech dapat menggunakan aplikasi Kicksend untuk mencetak foto dan bisa langsung dikirim ke alamat rumah. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk bisa mencetak foto tanpa meninggalkan rumah. Selain itu kualitas foto yang dihasilkan juga berkualitas tinggi dan keren.

Update: Layanan Kicksend telah dihentikan sehingga web resminya juga sudah tak bisa diakses sekarang.

Baca juga: 19 Aplikasi Kompres Video Terbaik Untuk PC/Laptop, Android, dan iPhone


Sekian dulu yah Sobat Tahootech mengenai informasi aplikasi cetak foto terbaik yang mudah digunakan.

Aplikasi PC, Laptop dan Android diatas ini sangat membantu ketika hendak mencetak foto. Hal ini dikarenakan kehadiran berbagai macam fitur yang dimilikinya.

Setiap foto yang dihasilkan juga bisa menjadi lebih menarik dengan penambahan elemen-elemen pendukung serta memberikan penyempurnaan terhadap foto yang dicetak agar sesuai dengan keinginan.

Terimakasih sudah menyimak, dan selamat mencoba yah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like