6 Aplikasi Burning CD Terbaik Bagi Pengguna Laptop dan PC

TahooTech – Halo Agan, pada postingan kali ini Mimin Hoo akan membagikan ulasan mengenai aplikasi burning CD terbaik bagi pengguna Laptop dan PC. Sebelum membahas jauh mengenai aplikasi burning CD terbaik di laptop dan PC, ada baiknya jika sobat tahu dulu apa itu Burning CD.

Apa itu Burning CD?

Aplikasi Burning CD Terbaik

Burning CD atau suatu proses untuk memasukkan atau menyimpan data/file kedalam sebuah CD. Nah, proses inilah yang biasanya membutuhkan bantuan software atau aplikasi pendukung agar perpindahan dan penyimpanan data berjalan lancar. Meskipun sebenarnya ada cara burning CD tanpa menggunakan bantuan aplikasi.

Proses burning CD ini membutuhkan salah satu optical drive yakni Compact Disk atau CD sebagai media penyimpanan data/file. Saat ini penggunaan salah satu optical drive yakni Compact Disk atau CD sebagai media penyimpanan data sudah mulai ditinggalkan dan tergeser dengan kehadiran penyimpanan yang lebih praktis dan legah seperti Flashdisk, Hardisk, SSD dan Cloud Storage.

Penggunaan CD sebagai media untuk menyimpan data memang sudah kurang populer. Akan tetapi, beberapa orang masih menggunakannya untuk keperluan tertentu, misalnya menjadi media instalasi Windows dan juga sebagai media penyimpanan data tugas ataupun skripsi yang biasanya dijadikan backup data untuk kampus.

Seluruh proses tersebut harus melalui burning CD dengan bantuan aplikasi agar prosesnya berjalan lancar. Untuk itu, berikutnya Mimin Hoo akan memberikan informasi kepada Agan TahooTech mengenai aplikasi burning CD terbaik bagi pengguna laptop dan PC.

Aplikasi Burning CD Ringan dan Gratis untuk Laptop dan PC

Dari hasil rangkuman Mimin Hoo dari beberapa laman yang membahas mengenai aplikasi burning CD terbaik di tahun 2020 ke-5 aplikasi dibawah inilah yang paling banyak digunakan. Apa saja aplikasinya? Silahkan simak langsung berikut ini.

1. Ashampoo Burning Studio Free

Perusahaan Jerman yakni Ashampoo memiliki berbagai macam aplikasi yang sangat mengesankan. Salah satunya adalah Ashampoo Burning Studio Free yang banyak mendapatkan respon positif dari para penggunanya.

Aplikasi ini dapat melakukan Burning CD berupa audio, data, video (lengkap dengan dukungan Blu-ray), dan disk image dengan format file ISO, dan lain-lain.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah hadirnya fitur backup yang bisa melakukan kompresi dan enkripsi data agar menjadi aman dan hemat penyimpampanan.

Jika sobat menginginkan aplikasi dengan antarmuka sederhana dan mudah digunakan, Ashampoo Burning Studio Free bisa menjadi pilihan terbaik.

Download Ashampoo Burning Studio Free

2. BurnAware Free

Aplikasi Burning CD Terbaik

BurnAware Free adalah aplikasi burning CD untuk PC dan laptop yang tampilannya terlihat sederhana. Namun, jangan salah seperti yang banyak dibilang orang “jangan melihat sesuatu dari covernya”, hal ini ternyata berlaku pula pada aplikasi ini.

Meskipun terlihat sederhana, ternyata BurnAware Free sudah disertai dengan dukungan untuk burning CD, DVD dan Blu-ray, dan dapat digunakan untuk membuat data disk, audio CD, video DVD dan Blu-ray, image disk, bootable disk, dan juga backup data.

Tampilan antarmukanya yang sangat simpel dan sangat mudah digunakan, membuat aplikasi ini sangat ideal meski digunakan oleh orang yang baru melakukan proses burning CD di laptop atau PC. Semua proses burning juga akan menjadi lebih cepat dan lancar.

Download BurnAware Free

3. imgBurn

Aplikasi Burning CD Terbaik

ImgBurn adalah salah satu aplikasi burning CD untuk Windows 10 yang paling terbaik, karena menyediakan berbagai macam fitur yang berlimbah dan tersedia secara gratis.

Kamu bisa memperoleh aplikasi yang satu ini dengan mengunduh langsung pada website resminya di bawah.

Aplikasi ini mendukung berbagai macam jenis format seperti BIN, CCD, CDI, CUE, DI, DVD, GI, IMG, ISO, MDS, NRG, dan PDI.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan burning mulai dari DVD Video, HD DVD Video, dan Blu-ray Video disk. Kemampuan lainnya adalah membuat Audio CD dengan berbagai tipe file.

Software ini dihadirkan dengan fitur yang berlimpah diantaranya Read, Build, Write, Verify, dan Discovery. Karena banyaknya fitur yang dimilikinya, aplikasi ini cukup rumit digunakan, sehingga sobat mungkin perlu beberapa waktu agar bisa terbiasa dengan aplikasi imgBurn ini.

Download imgBurn

4. DeepBurner Free

Aplikasi Burning CD Terbaik

DeepBurner adalah aplikasi burning CD yang penampilannya cukup tradisional dan merupakan aplikasi versi gratis yang bisa digunakan. Aplikasi ini adalah versi sederhana dari DeepBurner Pro yang lebih lengkap fiturnya.

Berbeda dengan versi Pro, DeepBurner Free belum bisa digunakan untuk burning CD dan DVD Video, tetapi sudah bisa digunakan untuk burning CD dan DVD data, CD audio, dan Bootable disk, ada pula opsi untuk membuat ISO image.

Meskipun versi free ini memiliki keterbatasan, namun Deepburner Free tetap menjadi salah satu aplikasi burning CD terbaik di laptop dan PC.

Terlebih dengan fungsinya yang bisa melakukan tugas burning sehari-hari untuk mencadangkan data secara manual. Bahkan Deepburner Free ini juga bisa menjadi aplikasi Burning CD portable, sehingga bisa dimasukkan ke Flashdisk dan bisa dibawa kemana saja untuk digunakan pada laptop atau PC manapun.

Download DeepBurner Free

5. CDBurnerXP

Aplikasi Burning CD Terbaik

Jika melihat namanya, kamu mungkin berpikir jika aplikasi yang satu ini adalah bagian dari Windows XP, namun sebenarnya keduanya tidak berhubungan sama sekali. Aplikasi ini hanya sekedar aplikasi burning CD biasa yang bisa melakukan burning CD, DVD, dan Blu-Ray.

Dukungan burning data dari CDBurnerXP membuatnya menjadi aplikasi yang sangat ideal untuk membuat cadangan data secara manual.

Sobat juga bisa membuat video dan audio disk, namun sangat disayangkan untuk membuat DVD video, aplikasi ini hanya bisa burning Video_TS ke disk.

Aplikasi ini sangat berguna jika ingin membuat disk audio yang mengesankan, terdapat dukungan untuk penyimpanan file MP3, OGG, FLAC dan WAV, dan pemutar audio terintegrasi memungkinkan Anda memeriksa trek saat proses burning berjalan.

Download CDBurnerXP

6. AnyBurn

Aplikasi Burning CD Terbaik

Terakhir ada AnyBurn yang merupakan salah satu aplikasi burning CD ringan yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk burning berbagai macam disk dan juga melakukan tugas seperti menyalin menyalin CD audio, mengkonversi format file image, memodifikasi file image atau membuat drive USB bootable.

Beberapa fitur yang digunakannya diantaranya, burning CD/DVD/Blu-Ray dan file image, ip Audio CD ke file MP3, FLAC, APE, WMA, dan WAV, USB bootable yang bisa digunakan untuk menginstall Windows, dan masih banyak lagi. Semua fitur yang disediakannya langsung bisa diakses melalui halaman utamanya.

Download AnyBurn


Nah, itulah beberapa aplikasi burning CD terbaik bagi pengguna Laptop dan PC.

Proses burning CD yang ditujukan untuk menyimpan data untuk backup memang memiliki kelebihan dibandingkan penyimpanan lain diantaranya bisa menyimpan data tanpa takut terhapus, harga terjangkau, bebas virus, dan lain-lain.

Namun, sangat perlu berhati-hati untuk menggunakannya ketika sudah memindahkan data melalui proses burning CD.

Apakah Agan TahooTech juga adalah salah satu orang yang masih sering melakukan proses burning CD di Laptop atau PC? Adakah salah satu aplikasi burning CD di atas yang pernah sobat gunakan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like