Apa Itu Bahasa Pemrograman PHP dan Keunggulannya

Pengembangan bahasa pemrograman dari tahun ke tahun memang memiliki transformasi yang signifikan. Apalagi beragam bahasa menjadi lebih variatif dan mudah dipelajari oleh orang yang memang berkecimpung di bidangnya.

Salah satu yang sering digunakan adalah PHP untuk pembuatan website dinamis. Lantas apa itu bahasa pemrograman PHP sebenarnya? Apa saja keunggulan terkait penggunaannya? Simak ulasan di bawah ini!

Apa itu Bahasa Pemrograman PHP

apa itu php
https://n3x0.com/

Bahasa pemrograman yang seringkali digunakan untuk pembuatan aplikasi berbasis web ini biasa disebut dengan PHP atau Hypertext Preprocessor.

Penggunaannya sendiri juga terintegrasi secara langsung dengan database dan bersifat open source, sehingga sangat mudah digunakan untuk mengolah website dinamis.

Beberapa kegunaannya ditemukan untuk pembuatan website di E-Commerce, landing page, ataupun sistem informasi lainnya.

Beberapa jenis server yang digunakan untuk memproses script yaitu seperti LiteSpeed, Nginx ataupun Apache. Hal ini bisa disesuaikan tergantung keinginan programmer.

Pembuatan halaman website dinamis tersendiri sebenarnya tidak begitu membutuhkan bahasa pemrograman PHP.

Namun kadang kala kebutuhan akan database atau basis data yang terintegrasi ini menjadikannya terhubung dengan baik. Sehingga tanpa adanya PHP, maka web menjadi statis dan hanya tersusun secara konten saja.

Selain itu, bahasa pemrograman PHP juga seringkali bisa disisipkan ke dalam file maupun dokumen HTML untuk mempermudah penyimpanan data ke dalam database.

Sehingga halaman website pun dapat berubah sesuai input dari penggunanya. Tampilan website pun jadi lebih menarik dan nampak hidup dengan adanya integrasi PHP di dalamnya.

Baca juga: Perbedaan HTML dan PHP yang Kamu Wajib Tahu

Keunggulan Bahasa Pemrograman PHP

keunggulan php
https://softwarewithstyle.com/

Tidak hanya mengetahui apa itu bahasa pemrograman PHP, namun juga perlu mengerti apa saja keunggulannya. Untuk menerapkannya dalam pembuatan website dinamis, berikut adalah keunggulan bahasa pemrograman PHP yang perlu diketahui, yaitu antara lain:

1. Menghubungkan dengan Sistem Database

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh bahasa pemrograman PHP adalah bisa secara langsung menghubungkan atau mengintegrasikan ke server maupun sistem database.

Mulai dari database MySQL, Oracle, Postgre dan lainnya. Tentunya hal ini dikarenakan sifat open source yang dimilikinya mampu mengkoneksikannya tanpa mengalami permasalahan.

Bahkan bisa dibilang seluruh pengembangan web menggunakan PHP untuk membangunnya. Sehingga diharapkan dapat membaca maupun mengirip data user ke dalam koneksi server dan juga database secara mudah.

Banyak programmer pun mempelajarinya demi mendapatkan website dinamis yang begitu profesional.

2. Memiliki Jumlah Komunitas Terbesar

Jika dibandingkan dengan berbagai bahasa pemrograman yang ada di seluruh dunia, tentunya PHP memiliki jumlah komunitas yang paling besar.

Selain bisa menambah relasi antar programmer, namun join di sebuah komunitas bisa sekaligus menambah ilmu dan mengembangkan apa saja terkait proses development.

Hal ini bisa dibilang keunggulan yang begitu menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

3. Mempunyai Banyak Pengguna

Seiring dengan banyaknya jumlah komunitas, maka hal ini juga sebanding dengan banyaknya pengguna yang memanfaatkan bahasa pemrograman PHP untuk berbagai kepentingan. Mulai dari pembuatan website atau situs e-commerce, blog, sistem informasi, maupun media sosial lainnya.

Tentu dengan adanya banyak developer yang menggunakan bahasa ini juga bisa memudahkan setiap orang dalam mengaksesnya.

Website yang diciptakan pun bisa menjadi lebih beragam dan menarik. Jadi, apakah tertarik mempelajari bahasa pemrograman PHP satu ini?


Nah itulah informasi mengenai apa itu bahasa pemrograman PHP dan berbagai keunggulannya yang perlu diketahui.

Apalagi bagi programmer pemula, maka pengetahuan tentang hal satu ini sangatlah dibutuhkan agar bisa mempermudah penggunaannya. Semoga ulasan tersebut bermanfaat.

You May Also Like
cara kerja php dan js
Lanjut baca dong

Perbedaan PHP dan JavaScript

Dalam bidang pemrograman, nama JavaScript serta PHP sudah tidak asing lagi. Perbedaan Php dan JavaScript terletak pada sifat…