Apa Itu NodeJS Dengan Beragam Fitur yang Ditawarkan

Untuk menjalankan sebuah website tentu ada program khusus yang dapat digunakan oleh pengguna. Dimana program khusus yang dimaksud ini NodeJS dengan menggunakan JavaScript.

Jika ingin menggunakan kode ini harus menggunakan aplikasi Browser yang terdapat pada perangkat. Akan tetapi masih ada pengguna yang tidak mengetahui apa itu NodeJS.

Apa itu NodeJS?

apa itu node js

Pengertian dari hal tersebut yakni dijadikan sebagai runtime environment yang dapat digunakan untuk mengakses kode dari JavaScript.

NodeJS ini dapat dikatakan bersifat open source dan juga bersifat cross platform. Memang dengan NodeJS ini nantinya pengguna akan lebih mudah untuk menjalankan kode tersebut. Bahkan kode ini ternyata bisa digunakan pada aplikasi internet lainnya.

Selain itu, NodeJS ini juga dapat menjalankan V8 dari JavaScript engine. Sedikit informasi bahwasanya V8 ini merupakan ini dari aplikasi pencarian internet Google Chrome.

Baca juga: Kelebihan JavaScript yang Kamu Wajib Tahu

Dengan begitu, performa yang yang dimiliki NodeJS nantinya sangat tinggi. Berbagai library pun disediakan pada NodeJS ini yang dapat membantu pengguna dalam menyederhanakan aplikasi web.

NodeJS ini juga dirancang untuk sebuah aplikasi yang menggunakan proses I/O secara intensif. Dimana proses yang dimaksud ini seperti network server sebagai media pemrograman.

Memang dengan menggunakan NodeJS ini akan memudahkan pengguna untuk menangani web server yang berjumlah ratusan secara bersamaan.

Fitur Dalam NodeJS

fitur node js

Setelah menjawab pertanyaan apa itu NodeJS tentu beragam fitur juga ditawarkan untuk digunakan. Dimana NodeJS ini sangat berguna jika ingin digunakan untuk mengakses kode JavaScript.

Selain itu, ada juga beberapa fitur yang disediakan oleh NodeJS. Adapun fitur yang dimaksud akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini:

1. Fitur Asynchronous

Fitur asynchronous ini dapat diartikan sebagai fitur yang digunakan untuk mengakses semua kode yang nantinya akan dieksekusi.

Dengan kata lain bahwa kode tersebut akan dieksekusi secara bersamaan sehingga tidak lagi menunggu sintaks. Menggunakan fitur ini memang sangat menguntungkan karena pengguna tidak lagi menunggu dalam waktu yang lama.

2. Fitur Single Threaded

Fitur yang menggunakan mode dari single threaded ini mempunyai mekanisme event yang sangat membantu server. Server yang dibuat bisa merespon secara cepat dan non blocking sehingga server dapat diskalakan.

Selain itu, melalui fitur ini juga membuat NodeJS bisa melayani berbagai request yang masuk ke dalam website.

3. Fitur Open Source

Ada juga fitur open source yang terdapat pada NodeJS yang mempunyai manfaat untuk proses pengubahan. Dimana proses pengubahan yang dilakukan melalui fitur ini yakni tanpa membayar dan bahkan tidak harus ijin.

Memang fitur yang satu ini sangat memudahkan pengguna untuk mengembangkan website dengan baik.

4. Fitur Database NoSQL

NodeJS pun sudah menyediakan fitur yang dinamakan database dengan jenis NoSQL. Dimana fitur yang digunakan nantinya akan membuat seseorang lebih mudah untuk mengelola website yang dimiliki.

Bahkan fitur ini pun dapat digunakan untuk aplikasi database dengan jenis MongoDB maupun CouchDB.

5. Fitur Eksekusi Cepat dan Fitur No Buffering

Dalam aplikasi NodeJS juga menyediakan fitur eksekusi cepat yang akan dimanfaatkan untuk Google Chrome. Dimana fitur ini dapat mengeksekusi kode dengan cepat.

Selain itu, ada juga fitur no buffering yang berfungsi agar tidak membuffer data. Sehingga aplikasi yang hanya menyimpan data sementara ini bisa berupa cache saja.


Itupun penjelasan terkait dengan pengertian dari apa itu NodeJS yang mempunyai banyak fitur yang dapat digunakan dalam pembuatan website.

Mempelajari bahasa pemrograman seperti Javascript dengan memakai NodeJS sebagai framework tentu akan memudahkan proses belajar.

Selain itu, dengan adanya fitur yang ditawarkan ini dapat mempermudah pengguna untuk mengeksekusi kode dari JavaScript tersebut.

You May Also Like
cara kerja php dan js
Lanjut baca dong

Perbedaan PHP dan JavaScript

Dalam bidang pemrograman, nama JavaScript serta PHP sudah tidak asing lagi. Perbedaan Php dan JavaScript terletak pada sifat…