5 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di iPhone Paling Mudah

Kualitas kamera iPhone terbilang cukup tinggi resolusinya. Sehingga terkadang jika ingin mengupload foto harus mengecilkan ukurannya terlebih dahulu. Untungnya sekarang sudah ada beberapa cara mengecilkan ukuran foto di iPhone. Jadi pengguna iPhone tidak perlu khawatir jika ingin mengupload foto yang ukurannya terlalu besar, berikut cara- caranya:

1. Mengubah Format File ke HEIC

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di iPhone Paling Mudah
pinhome.com

Sejak tahun 2017, pihak Apple menggunakan HEIC untuk format default pada perangkat iPhone. Jadi jika pengguna menggunakan iPhone keluaran diatas tahun 2017 seperti iPhone x, 11 Series, dan XS Series, maka format yang digunakan dalam pengambilan gambar yakni HEIC. 

HEIC menawarkan ukuran file yang lebih kecil dari pada JPEG, walaupun ukurannya lebih kecil namun kualitas yang dihasilkan tetap bagus. Cara merubah settingnya:

  • Pertama buka settings terlebih dahulu.
  • Kemudian scroll ke bawah hingga dapat menemukan opsi camera.
  • Tap opsi formats.
  • Klik opsi high efficiency.

2. Memanfaatkan Fitur Safari

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di iPhone Paling Mudah
TechTudo.com

Jika senang menggunakan browser safari, pengguna dapat memanfaatkan fitur safari dimana ukuran foto yang akan diupload dapat memilih sesuai keinginan sendiri. Pilihan yang tersedia diantaranya small, medium, large dan ukuran asli.

3. Menggunakan Fitur Resize di Aplikasi Mail

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di iPhone Paling Mudah
analisaaceh.com

Di bagian mail for iOS sudah dilengkapi dengan fitur Resize foto. Di aplikasi ini pengguna dapat memilih berbagai ukuran foto yakni actual size, small, medium, dan large

Caranya juga cukup mudah untuk menggunakan fitur Resize yang ada di aplikasi ini. Pengguna hanya perlu memilih foto yang ukurannya akan diperkecil kemudian pilih ukuran resize sesuai dengan yang diinginkan.

4. Menggunakan Aplikasi Image Size

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di iPhone Paling Mudah
kapwing.com

Cara mengecilkan ukuran foto di iPhone selanjutnya yakni dengan menggunakan aplikasi Image Size. Aplikasi ini mendukung resize dengan memasukan ukuran sesuai yang diinginkan. Tidak hanya itu di aplikasi ini juga tersedia ukuran standar diantaranya ukuran legal, letter, dan lainnya. Ini langkahnya:

  • Pertama buka Appstore.
  • Kedua unduh aplikasi Image Size.
  • Jika sudah terinstall, buka aplikasinya.
  • Tap bagian kiri atas pada aplikasi untuk memilih foto yang akan diperkecil ukurannya.
  • Lalu akan muncul permintaan konfirmasi untuk persetujuan akses privasi foto.
  • Klik setuju.
  • Setelah itu sesuaikan ukuran foto sesuai dengan keinginan.
  • Jika sudah, klik icon unduh atau download.
  • Untuk dapat melihat hasilnya buka foto pada galeri iPhone.

5. Menggunakan Alat Desktop Wondershare SafeEraser

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di iPhone Paling Mudah
dion73.com

Alat desktop untuk melakukan pengecilan ukuran foto di iPhone yakni Wondershare SafeEraser. Dengan menggunakan Wondershare SafeEraser pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan kualitas foto. 

Mengapa demikian? Karena di Wondershare SafeEraser hanya akan mengurangi ukuran foto sebanyak 25% saja dari ukuran aslinya. Hasil foto yang telah diperkecil juga tidak dapat dibedakan secara visual. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Download WonderShare SafeEraser. Dapatkan paket instalasi WonderShare SafeEraser untuk mac komputer. Sesuaikan dengan sistem operasi komputer. Install program dengan benar kemudian bisa langsung memulainya.
  • Hubungkan IPhone Dengan Komputer. Gunakanlah kabel USB yang ada untuk menghubungkan iPhone dengan komputer. Lalu klik “kepercayaan” di iPhone untuk mempercayai komputer. Setelah proses tersebut pengguna bisa melihat Wondershare SafeEraser mendeteksi iPhone dan menampilkannya di jendela utama.
  • Memindai Foto. Disebelah kanan jendela utama, klik opsi foto kompresor, kemudian tunggu proses scan pada iPhone. Fitur ini hanya akan mengecilkan ukuran foto yang sudah diambil dari kamera iPhone.
  • Pilih Foto Untuk Mengecilkan. Di halaman hasil, program akan secara otomatis memilih semua foto. Pengguna dapat menghapus foto-foto yang tidak ingin diperkecil. Selanjutnya pilih start. Tidak perlu khawatir foto asli akan hilang karena pengguna dapat memilih pengaturan untuk backup foto aslinya.

Itu dia beberapa cara mengecilkan ukuran foto di iPhone yang dapat dicoba. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan yang paling mudah digunakan.